Nama:Tika Widyawati
Npm:11410167
Kls:2D
RAPAT KERJA
Rapat kerja adalah forum untuk mengambil
keputusan tertentu. Setiap keputusan yang ingin dibuat tentunya yang terbaik.
Hal itu berkait dengan kepentingan unit, individu karyawan, dan perusahaan. Dalam
prakteknya proses penyelenggaraan dan hasil rapat mungkin kurang memuaskan.
Dalam arti bahwa ketika rapat berlangsung sering tidak memiliki agenda dan arah
yang jelas, pembicaraan ngalor-ngidul, waktu bicara sulit diatur, pimpinan
rapat tidak mampu memimpin rapat dsb. Akibatnya hasil rapat tidak optimum.
Rapat kerja juga
disebut pertemuan para karyawan/ pemimpin yang membahas hal-hal yang
berhubungan
dengan pelaksanaan
tugas suatu instansi. Suatu rapat atau pertemuan dapat disebut sebagai rapat
kerja
apabila mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut :
1. Adanya tujuan
pertemuan itu,
2. Adanya pimpinan
dan kelompok peserta dalam pertemuan atau rapat itu.
3. Adanya tukar
menukar pendapat di antara para peserta rapat,
4. Tidak ada
pidato-pidato
Dalam pelaksanaan
rapat kerja harus mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut yaitu:
- agenda yang akan dibahas; harus fokus dan jelas butir-butir bahasan yang akan didiskusikan, apakah bersifat umum atau spesifik, dan apa yang ingin diputuskan;
- siapa saja yang akan diundang rapat; akan sangat bergantung pada jenis rapat, lingkup bahasan, dan tujuan rapat; apakah juga melibatkan mereka yang di luar unit kerja
- bagaimana tatakerja rapat diselenggarakan; termasuk di dalamnya tatacara dan tatatertib berdiskusi dan pengambilan keputusan rapat; misalnya tentang pembagian giliran bicara, bagaimana kalau terjadi deadlock, dan apakah setiap keputusan melalui musyawarah atau pemunggutan suara;
- siapa yang memimpin rapat; siapapun yang memimpin rapat bukan sekedar pengatur waktu giliran bicara namun harus memahami apa isi agenda, piawai memimpin rapat, komunikatif, bijaksana dalam mengatur waktu dan giliran bicara, mampu meredakan konflik, dan mampu menyimpulkan hasil rapat yang bisa diterima semua peserta rapat;
- siapa yang menjadi sekertaris; yaitu dia yang mewakili pimpinan rapat, memahami isi agenda, membuat catatan pembicaraan, dan membuat konsep keputusan rapat;
- siapa yang menjadi notulis; yaitu bisa berjumlah 1-2 orang yang bertugas untuk mencatat keseluruhan isi pembicaraan setiap peserta rapat; dan membuat catatan rapat untuk diberikan kepada sekertaris sebagai bahan perumusan keputusan rapat;
- kapan dan dimana diadakan; lamanya rapat akan bergantung pada jenis, lingkup rapat, dan keputusan yang diambil; bisa beberapa jam sampai 1-2 hari; dan diadakan di tempat yang nyaman (cukup luas, tidak panas atau lembab, cahaya yang terang, meja dan kursi yang cukup, dan fentilasi yang baik);
- alat-alat yang perlu disediakan, seperti komputer, pengeras suara, LCD, alat tulis menulis,dsb;
- konsumsi berupa makanan (kecil dan atau besar) dan minuman sesuai kebutuhan; semakin panjang waktu rapat semakin dibutuhkan konsumsi;
- penyampaian undangan rapat (agenda terinci, waktu yang jelas, dan lokasi rapat) berikut bahan-bahan rapat; idealnya undangan rapat telah sampai seminggu ke peserta sebelum waktu rapat dimulai; maksudnya agar semua peserta sudah memrioritaskan untuk hadir dan sudah dapat memersiapkan diri dengan gagasan-gagasan,
sumber : wikipedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar