Rabu, 21 Maret 2012

Rapat Kerja


Nama : Lukman Sarlito
NPM : 11410114
Kelas : 2 d
Rapat Kerja
A.   Pengertian
Rapat adalah media yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan secara musyawarah, untuk mufakat.
Rapat kerja adalah pertemuan para karyawan atau pimpinan perusahaan yang membahas hal-hal berhubungan dengan pelaksanaan tugas suatu instansi.
B.   Ciri-ciri rapat kerja
Suatu rapat dapat disebut rapat kerja apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.     Ada tujuan pidato.
2.      Ada pimpinan dan kelompok peserta dalam rapat itu.
3.     Ada tukar menukar pendapat di antara para peserta rapat.
4.     Tanpa ada pidato.

C.   Seorang pemimpin tidak akan begitu saja mengadakan rapat. Ia perlu  
mengadakan rapat apabila :

1.  Pemimpin memerlukan sumbangan pendapat dari para stafnya, karena pemimpin tidak mau mengambil keputusan secara sepihak.
2. Materi yang akan dibicarakan dibicarakan bersifat rahasia.
3. Pemimpin bermaksud memberikan kesempatan kepada para bawahan untuk memberikan  pendapat secara langsung kepada pemimpin terhadap suatu masalah yang berhubungan dengan kepentingan bersama.
4. Ada masalah yang jelas dan harus mendapat penyelesaian melalui rapat. 
    [Wursanto 1990 : 137]

D.   Persiapan- persiapan yang dilakukan sebelum rapat:
1.     Agenda (pokok pembahasan  rapat)
2.     Working Paper (materi akan dibahas saat rapat)
3.      Pemimpin rapat
4.     Jumlah peserta rapat
5.     Undangan rapat
6.     Pengaturan ruang rapat
7.     Alat perlengkapan rapat
8.     Akomodasi jika diperlukan  [Widjaja 1997 : 157]

E.    Syarat-syarat rapat yang baik:
1.     Dipimpin oleh ketua rapat yang baik
2.     Menggunakan waktu secukupnya dalam mengambil keputusan
3.     Menekankan objektifitas dan hasil yang diharapkan
4.     Susana rapat bersifat terbuka
5.     Tiap peserta aktif  berpartisipasi
6.     Hindari perdebatan
7.     Pertanyaan yang diajukan hendaknya jelas dan singkat

F.    Urutan pelaksanaan rapat;
1.     Pembukaan
2.     Pembagian tugas
3.     Diskusi
4.     Rapat pleno
5.     Perumusan
6.     Pembagian naskah kepada peserta

G.   Tips membuat rapat kerja berjalan sukses:
1.     Perlu ada persiapan
2.     Menentukan topik rapat
3.     Menentukan tempat rapat
4.     Melihat tujuan rapat
5.     Hindari topik di luar konteks
6.     Agenda dicetak dan disebarkan

Sumber:
1.      Tips membuat agenda agar rapat berjalan sukses (wolipop.com) 
2.      Mempersiapkan Rapat Kerja, Efektif dan Efisien ,Jumat, 11 September 2009 · 08:13 WIB(psikologi zone) 
3.       Wursanto, Ig, Drs. 2000, Etika Komunikasi Kantor, Yogyakarta : Kanisius 
4.       Ludlow, Ron, 2000, The Essence of Effective Communication, Yogyakarta : ANDI and Pearson Education Asia Pte. Ltd.
 5.       Widjaja, H.A.W, Prof. Drs, 1997, Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Jakarta : Bumi Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar